Layanan pada Mahasiswa

No. Jenis Pelayanan
kepada Mahasiswa
Bentuk kegiatan,
Pelaksanaan dan Hasilnya
 1.  Bimbingan dan konseling
  1. Dalam hal bimbingan dan konseling, Unhas memiliki “Lembaga Konseling” sehingga Prodi Statistika memanfaatkan Pusat Kajian Bimbingan dan Konseling (PKBK) Unhas sebagai salah satu Pusat Kajian yang berada di Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan (LKPP) di Universitas Hasanuddin. Lembaga PKBK ini melayani mahasiswa, pegawai (dosen dan non dosen) di lingkup Unhas. Konsultasi dilakukan oleh para psycholog dari dosen-dosen Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Unhas. Lembaga ini didukung oleh konselor-konselor yang sangat berpengalaman dan profesional dalam bidangnya.
    Kegiatan yang dilakukan PKBK adalah memberi bimbingan dan penyuluhan kepada mahasiswa dan pegawai yang membutuhkan. Bimbingan dan konseling diberikan terutama yang berkaitan dengan kelancaran proses belajar, kesulitan emosional/psikologis. Di samping itu, bimbingan juga diberikan kepada mahasiswa dalam upaya menyelesaikan permasalahan pribadinya yang berpotensi mengganggu proses belajar. Dengan demikian, adanya PKBK ini diharapkan dapat membantu mahasiswa yang bermasalah agar dapat beraktifitas normal lagi sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain mahasiswa, PKBK juga membantu para dosen Penasehat Akademik (PA) yang membutuhkan bantuan dalam menuntun dan melakukan pembimbingan kepada mahasiswa agar mampu mengatasi kesulitannya.

Bentuk kegiatan:

  1. Pembimbingan Akademik (PA), konsultasi akademik dan non akademik.
  2. Pembimbingan Tugas Akhir (TA)
  3. Bimbingan Kemahasiswaan oleh pembimbing bidang organisasi kemahasiswaan.
  4. Bimbingan persiapan mental dalam menghadapi berbagai macam lomba, misalnya Lomba Karya Tulis Ilmiah
  5. Bimbingan Kegiatan Survey di masyarakat.
  6. Bimbingan Belajar Mata Kuliah Umum (MKU)
  7. Bimbingan Keagamaan
  8. Bimbingan Kepemimpinan dan Organisasi
  9. Konseling

Pelaksanaan:

  1. Pelaksanaan pembimbingan oleh dosen PA yang bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa dalam hal penentuan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat diprogramkan oleh mahasiswa, serta membantu mahasiswa dalam mengatasi kesulitan dalam perkuliahan. Selain itu juga disediakan bimbingan khusus akademik yang diberikan kepada mahasiswa yang melakukan Kerja Praktek dan Tugas Akhir.
  2. Pembimbingan untuk mahasiswa yang akan mengikuti ujian kompetensi lab.
  3. Pembimbingan kepada mahasiswa yang melakukan penelitian baik secara mandiri atau berkelompok mengenai sebuah topik tertentu yang dikembangkan menjadi tugas akhir/skripsi. Pembimbingan TA mulai diarahkan pada saat pengambilan mata kuliah Kapita Selekta Statistika, untuk memperoleh satu proposal yang dapat dilanjutkan sebagai TA. Sebagian mahasiswa yang terlibat dalam penelitian bersama dosen juga terus aktif melakukan konsultasi dengan dosen bersangkutan.
  4. Pembimbing kemahasiswaan. Pembimbingan ini dilakukan sesuai dengan periode kepengurusan badan kemahasiswa di tingkat departemen untuk memberikan arah dan pengawasan yang sifatnya membangun organisasi kemahasiswaan.,
  5. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang dilakukan di tingkat universitas diikuti oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing. Pembimbing yang ditunjuk adalah dosen yang bersesuaian bidangnya dengan materi karya tulis ilmiah yang dikaji mahasiswa. Umumnya dosen pembimbing yang menjadi pendamping sudah memiliki jurnal publikasi yang terkait dengan materi karya ilmiah tersebut.
  6. Bimbingan persiapan olimpiade MIPA PT yang dibentuk sebagai persiapan bagi mahasiswa yang berminat dan mempunyai prestasi akademik yang bagus untuk mengkuti seleksi ON MIPA.
  7. Bimbingan pelaksanaan survey yang diperuntukkan bagi mahasiswa Statistika.. Bimbingan ini iharapkan menjadi bekal pengalaman mahasiswa Statistika apabila telah lulus.
  8. Bimbingan konsultasi Statistika, dilaksanakan oleh Mahasiswa tingkat tiga dan empat dibawah koordinasi dosen yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Unhas yang kesulitan mempelajari Statistika.
  9. Bimbingan keagamaan, kegiatan ini dilakukan melalui kajian-kajian yang dilakukan oleh Mahasiswa Pencinta Mushallah dalam lingkup Unhas. Di samping itu, juga terdapat pelatihan-pelatihan keagamaan yang dilakukan oleh organisasi keagamaan dalam lingkup Unhas.
  10. Bimbingan Kepemimpinan dan Organisasi dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa dibawah koordinator wakil dekan bidang kemahasiswaan yang terpusat pada pembentukan karakter mahasiswa.

Hasil yang diperoleh:

  • Umumnya mahasiswa terbantu dalam hal penyelesaian masalah akademik dan non akademik.
  • Beberapa mahasiswa meraih juara dalam Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah baik di tingkat Unhas maupun di luar Unhas.
  • Terlaksananya Survey kerjasama dengan KPK selama tiga tahun dan Perusahaan NV. Hadji Kalla dengan melibatkan beberapa mahasiswa sebagai tenaga surveyor.
  • Beberapa mahasiswa telah berpartisipasi dalam kegiatan ON Mipa bahkan sampai pada tingkat Nasional.
  • Terbentuknya kelompok belajar mahaiswa yang aktif yang dapat membantu mahasiswa lain dalam proses menghadapi ujian mata kuliah (Mid dan Final test).
  • Beberapa mahasiswa bergabung dalam kelompok kajian dan organisasi keagamaan di kampus.

Beberapa mahasiswa telah mengikuti proses pelatihan dan pengkaderan kepemimpinan

 2   Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

Untuk mengembangkan minat dan bakat, mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan mahasiswa melalui unit kegiatan yang ada di Himpunan Mahasiswa Matematika, unit kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unhas antara lain :

  • UKM Bidang Olahraga

UKM ini meliputi UKM Hockey, UKM Sepakbola, UKM Renang, UKM Bola Basket, OKM Bola Volley, UKM Bulu Tangkis, UKM Tenis Meja, UKM Persatuan Catur, UKM Softball, UKM Pencak Silat, UKM Taekwondo, OKM Karatedo, UKM Perbakin, UKM Kempo, UKM Sepak Takraw.

  • UKM Bidang Seni

UKM ini meliputi UKM Teater Kampus, UKM Paduan Suara Mahasiswa, UKM Seni Tari, UKM Fotografi, UKM Pantun dan Seni Kreatif).

Bentuk Kegiatan :

a. Pembinaan Olimpiade Mahasiswa

Pelaksanaan:

Prodi Statistika Unhas senantiasa berpartisipasi pada kegiatan olimpiade dan menyediakan dosen sebagai tim pembuat soal dan penilai untuk tingkat  Universitas serta tim seleksi wakil universitas untuk tingkat regional. Prodi Statistika juga menyiapkan tim dosen untuk membimbing para mahasiswa yang mewakili universitas.

Hasil yang dicapai :

Mahasiswa Prodi Statistika memperoleh banyak prestasi yang membanggakan baik di lingkungan Unhas, Regional, maupun tingkat Nasional. Di samping itu, sejumlah mahasiswa mempunyai wawasan pengetahuan keilmuan untuk bersaing di seleksi olimpiade nasional, dan beberapa mahasiswa telah ikut dalam lomba olimpiade nasional.

b. Pembinaan bidang olahraga dan seni

Pelaksanaan:

Dilaksanakan dalam sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung dalam setiap unit, sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.Penggemblengan awal biasanya dibentuk dari mahasiswa baru melalui kegiatan ekstra kurikuler.

Hasil yang dicapai:

Beberapa mahasiswa terlibat dalam unit kegiatan mahasiswa seperti olah raga Futsal yang selalu ikut perlombaan tingkat nasional, juga dalam beberapa unit kegiatan lain yang tergabung dalam UKM. Banyak prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa PS Statistika dalam bidang olah raga, baik local, regional, maupun nasional.

 3  Pembinaan softskills  a. Pelatihan Basic Study Skill BSS untuk Mahasiswa Baru

Pelaksanaan :

Beberapa dosen Podi Statistika berkontribusi pada acara pembekalan mahasiswa baru yang disebut Basic Study Skill (BSS) dan Balance yang dilaksanakan oleh Universitas. Acara yang berlangsung selama 4 hari ini berisi materi tentang pengembangan diri mahasiswa baru dalam berfikir dan motivasi.

Hasil yang dicapai :

Mahasiswa baru tidak kaget (shock) menghadapi masa transisi pada lingkungan baru pasca keluar dari SMU.

b. Kegiatan Survey hasil kerjasama dengan KPK

Pelaksanaan :

Mahasiswa Prodi Statistika dilibatkan dalam kegiatan Survey tentang Persepsi Masyarakat terhadap KPK yang dikoordinir oleh Supervisor dari dosen Prodi Statistika.

Hasil yang dicapai :

Mahasiswa baru dapat memiliki mind-set yang disesuaikan dengan pola pembelajaran diperguruan tinggi dan dapat mengembangkan soft skillnya sendiri sesuai dengan pengalaman yang diperolehnya. Selain itu, mahasiswa memperoleh pembelajaran tentang survey dan pengambilan data di lapangan, sehingga dapat melihat langsung aplikasi keilmuan mahasiswa Statistika.

 4  Beasiswa

Bentuk Kegiatan

Beasiswa Universitas dan Pemerintah Daerah

Informasi mengenai layanan beasiswa untuk mahasiswa dapat diakses melaui www.kemahasiswaan unhas.ac.id

maupun melalui pengumuman yang ditempel pada papan pengumuman. Adapun beasiswa yang dapat diperoleh mahasiswa antara adalah :

  • Beasiswa bidik misi yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai ekonomi kurang mampu pada saat mereka lulus di Unhas.
  • Beasiswa etos
  • Beasiswa Mahasiswa Unggulan (BMU)
  • Peningkatan Prestasi Ekstra Kurikuler
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Pemda pemerintah Sulawesi Selatan
  • PT INCO
  • Tanoto foundation
  • Yayasan Pertamina
  • Besiswa bank BCA

Pelaksanaan:

Mekanisme pemberian beasiswa dilakukan dibawah koordinator bidang kemahasiswaan tingkat Fakultas. Setiap mahasiswa berhak mengajukan usulan dimulai dari tingkat Prodi, fakultas, yang selanjutnya diteruskan ke tingkat Universitas.Informasi mengenai tata cara pengusulan dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa, baik melalui website kemahasiswaan unhas.ac.id maupun website Prodi.

Hasil yang dicapai:

  1. Mahasiswa yang berprestasi mendapat berbagai macam penghargaan.
  2. Mahasiswa dari keluarga yang tidak mampu mendapat bantuan yang dapat mengurangi beban biaya kuliah dan beban hidupnya.
  3. Mahasiswa dapat berkonsentrasi penuh terhadap kegiatan akademik atau perkuliahan setiap semester.
  4. Indeks prestasi mahasiswa dapat meningkat.
  5. Masa Studi mahasiswa menjadi lebih singkat.
 5  Kesehatan  Bentuk kegiataa. Pemeriksaan kesehatan Mahasiswa Baru

Pelaksanaan :

Pemeriksaan kesehatan bagi mahasiswa baru, untuk menyesuaikan dengan kondisi maba dengan prodi yang telah dilulusi. Pemeriksaan ini dilakukan sekali setiap mahasiswa oleh universitas, yaitu pada saat menyandang predikat sebagai mahasiswa baru.

Hasil yang dicapai:

  • Beberapa mahasiswa yang terindikasi memiliki gangguan kesehatan segera direkomendasikan untuk pengobatan lanjut.
  • Beberapa mahasiswa terpaksa pindah program studi karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.
  • Beberapa mahasiswa Prodi Statistika merupakan pindahan dari prodi lain karena faktor kesehatan, yaitu buta warna.

b. Pelaksanaan Kegiatan Donor Darah

Pelaksanaan :

Donor darah yang selalu rutin dilakukan, terbuka bebas untuk semua mahasiswa yang mau mendonorkan darahnya, apabila kondisi kesehatan memungkinkan.

Hasil yang dicapai :

Sudah banyak kantong darah yang disumbangkan oleh mahasiswa dalam kegiatan donor darah yang dilakukan di kampus.

Sebarkan..