Sejarah Prodi Statistika UNHAS

Program studi Statistika  adalah salah satu Program Studi diantara 3 (tiga) Program Studi yang dikelolah oleh Jurusan Matematika FMIPA UNHAS. Jurusan Matematika FMIPA  UNHAS didirikan pada tahun 1963 bersamaan dengan dibukanya Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam pada Universitas Hasanuddin. Pada awalnya Jurusan Matematika hanya di asuh oleh 3 (tiga) orang tenaga pengajar (Dra. Nurul Muchlisa, Drs. Sukirman dan Drs. A Suhardjono) yang melayani pengajaran matematika dan statistika di semua jurusan / program studi di Universitas Hasanuddin. Dan baru pada tahun 1973 mulai dibuka PS Matematika murni untuk jenjang sarjana muda, sehingga mahasiswa tingkat DIPLOMA (B.Sc) perlu melanjutkan studi ke pulau Jawa, khususnya ke ITB Bandung.  Dan pada tahun 1981 jurusan Matematika mulai menjalankan program S1 matematika, dan terakreditasi pada tahun 1998 dengan nilai B.

Berdasarkan tuntutan pasar, dan kebutuhan masyarakat maka pada tahun 1996 jurusan Matematika  membuka PS Statistika,. sebagai salah satu hasil lokakarya pengembangan kurikulum Jurusan Matematika pada tahun 1994 di Tana Toraja. Pencetus dibukanya program studi Statistika adalah almarhum Drs. Muh. Yusuf Wahab, MS, setelah mempertimbangkan kehendak masyarakat terutama keperluan dunia kerja.  Pendirian dan izin operasional  PS Statistika tahun 1996 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 234/DIKTI/Kep/1996 , dan terakreditasi pada tahun 2006 dengan nilai B berdasarkan SK BAN-PT No. 012/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2006.  Sedangkan akreditasi berikutnya dengan nilai B berdasarkan SK BAN-PT  Nomor 217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013, tertanggal 26 Oktober 2013.

Berdasarkan rekaman data akademik Jurusan Matematika, diketahui bahwa saat ini PRODI Statistika memiliki sekitar 250 mahasiswa dari 7 angkatan terakhir (2007-2014).

Dari aspek ketersedian dosen Program Studi Satatistika, pada awalanya hanya Drs. M. Yusuf Wahab, MS., yang berlatar belakang pendidikan Statistika Strata-2, yang lainnya adalah lulusan Matematika S-1 maupun S-2.  Untuk memenuhi kualifikasi dosen, maka dosen-dosen muda yang berminat pada bidang Statistika, walaupun lulusan S-1 Matematika diwajibkan mengikuti pendidikan S-2 dan S-3 bidang Statistika sehingga sampai Buku Pedoman ini disusun Program Studi Statistika memiliki 14 dosen dengan kualifikasi pendidikan:  S-2 Statistika 2 orang, S-3 Statistika  3 orang, namun S-2 Matematika Terpan 2 orang, dan masih ada S-2 Matematika 4 orang  tetapi berkecimpung pada bidang keahlian Statistika.  Dalam implementasi kurikulum masih diperlukan keterlibatan dosen dari bidang keahlian Matematika untuk Analisis dan Aljabar, demikian pula bidang lainnya seperti dosen untuk matakulian pengembangan kepribadian dari UPT MKU.

Sebarkan..